SKRIPSI KOMPUTER

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PERMAINAN STRATEGI BATTLE SHIP PADA JARINGAN




A. Latar Belakang Pemilihan Judul


Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang dihubungkan satu sama lainnya dengan pusat komputer (server) sehingga memungkinkan pemakaian Hardware dan Software secara bersama (sharing). Sebuah permainan (game) komputer sering menggunakan sistem jaringan sehingga permainan (game) dapat dimainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan beberapa komputer yang terhubung dalam Local Area Network (LAN).Salah satu permainan (game) komputer yang cukup menarik adalah permainan strategi Battle Ship. Permainan ini menyediakan beberapa buah tempat yang disusun oleh kotak - kotak sebagai medanperang. Kapal - kapal perang dengan ukuran yang berbeda - beda disusun dalam medan perang masing - masing. Letak dari kapal - kapal perang ini tidak terlihat dalam komputer pemain lawan. Setiap pemain berusaha untuk menghancurkan kapal - kapal perang pemain lawan dengan cara meng-klik kotak - kotak yang dianggap sebagai letak dari kapal - kapal perang lawan. Setiap pemain hanya boleh menebak satu kali saja setiap gilirannya. Jika tebakannya tepat maka pemain tersebut mendapat tambahan satu kali tebakan. Pemain yang masih menyisakan kapal perang yang memenangkan permainan (game).Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle Ship yang dapat dimainkan pada jaringan.


B. Perumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle Ship dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.


C. Tujuan dan Manfaat


Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle Ship pada jaringan. Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu perangkat lunak dapat dijadikan sebagai sarana hiburan yang cukup menarik.


D. Pembatasan Masalah


Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :



  1. Input dibatasi hanya pada keyboard dan mouse sedangkan Output perangkat lunak pada layar monitor.

  2. Jumlah pemain dibatasi maksimal 4 orang.

  3. Jumlah kapal perang sebanyak 5 buah.

  4. Panjang dari masing - masing kapal perang, yaitu :



    1. Aircraft carrier, panjangnya 5 kotak.

    2. Battleship, panjangnya 4 kotak.

    3. Frigate, panjangnya 3 kotak.

    4. Submarine, panjangnya 3 kotak.

    5. Minesweeper, panjangnya 2 kotak.



  5. Ukuran dari medan perang adalah 10 kotak x 10 kotak.

  6. Jenis permainan dapat dipilih Individual (setiap pemain mewakili dirinya sendiri), atau Group (pemain dikelompokkan ke dalam 2 grup).


E. Metodologi Penyelesaian


Langkah - langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :a. Mempelajari cara permainan dari Battle Ship.b. Merancang interfaceuntuk permainan Battle Ship.c. Membuat koneksi komputer pada LAN.d. Merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle Ship dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.


UNTUK MENDAPATKAN SKRPSI KOMPLIT SILAHKAN KLIK DI SINI

Comments
0 Comments