METODE PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Object Oriented
Technology
Object Oriented Technology merupakan cara pengembangan perangkat lunak
berdasarkan abstraksi objek-objek yang ada di dunia nyata. Dasar pembuatan
adalah Objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam
satu entitas. Filosofi Object Oriented sangat luar biasa sepanjang siklus
pengenbangan perangkat lunak (perencanaan, analisis, perancangan dan
implementasi) sehingga dapat diterapkan pada perancangan sistem secara umum: menyangkut
perangkat lunak, perangkat keras dan system secara keseluruhan.
Tahapan-Tahapan Object Oriented Technology
Pada Object Oriented Technology ada beberapa
metode yang digunakan dlam pengembagan sistem. Salah satu yang terkenal
adalah OMT (Object Modelling Technique) yang
diciptakan oleh Rambough. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan
dalam OMT ini adalah:
o Model Objek
o Model Dinamis
o Model Fungsional
Dalam pengembangan sistem berbasis objek
diperlukan tahapan proses analisis yang akan dilanjutkan dengan tahapan
desain/perancangan sistem.
Keunggulan dan
Kelemahan Object Oriented Technology
a.
Keunggulan OMT
1. Uniformity
Pengembang
cukup menggunakan satu metodelogi dari tahap analisis hingga perancangan.
Dengan adanya perkembangan ke arah aplikasi GUI (graphical User
interface) , OMT memungkinkan merancangn user interface secara
terintegrasi bersama dengan perancangan perangkat lunak sekaligus dengan
perancangan basis data.
2. Understandability
Kode-kode
yang dihasilkan dapat diorganisasi ke dalam kelas-kels yang berhubungan dengan
masalah sesungguhnya sehingga lebih mudah dipahami.
3. Stability
Kode
program yang dihasilkan relatif stabil sebab mendekati permasalahn sesungguhnya
dilapangan.
4. Reusability
Dimungkinkan penggunaan kembali kode-kode
sehingga akan mempercepat waktu pengembangan perangkat lunak.
b. Kelemahan OMT
Metode berorientasi objek merupakan konsep
yang relatif baru sehingga belum ada standar yang diterima semua pihak dalam
menentukan tool apa yang digunakan sebagai dasar analisi serat perancangan
perangkat lunak.